Ukuran Net Bola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Bola dan Net, Lengkap! | Indozone.id

Ukuran net bola voli tentunya harus berdasar pada ketentuan yang telah ditetapkan. Bahkan terdapat perbedaan antara ukuran net bola voli untuk pemain putra dan putri.

Bola voli merupakan salah satu permainan bola besar yang membutuhkan kekuatan otot tangan. Organisasi nasional bola voli di Indonesia sering disebut dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Ukuran Net Bola Voli untuk Putra dan Putri

Untuk ukuran net bola voli ini sudah disesuaikan dengan aturan FIVB yakni organisasi bola voli internasional yang kemudian diterapkan di Indonesia melalui organisasi PBVSI. Net atau jaring dalam permainan bola voli berfungsi sebagai pembatas yang diletakkan pada bagian tengah lapangan.

Dengan diletakkan di tengah lapangan ini akan membagi wilayah antara kedua tim yang sedang melakukan pertandingan bola voli. Perlu diingat bahwa ukuran net bola voli tidak bisa ditetapkan sembarangan karena telah ada standar khusus.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ukurang net untuk putra dan putri yaitu berbeda. Sehingga keduanya harus menggunakan aturan yang telah ditetapkan.

Adapun ukuran net bola voli sebagai berikut:

  • Panjang 9 m dan lebar 1 m
  • Tinggi net untuk pemain putra setinggi 2,43 m
  • Tinggi net untuk pemain putr1 setinggi 2,24 m
  • Jarak tiang net ke garis sampingan lapangan voli berjarak sekitar 0,5 – 1 m
  • Untuk pita tepian samping netnya, ukuran lapangan voli sekitar 5 cm sampai 1 m.
  • Untuk tepian atas netnya sekitar 5 cm.
  • Tinggi antenna yang ada pada lapangan voli sekitar 0,8 m di atas net.
  • Mata jala netnya berukuran panjang sekitar 10 cm di mana disarankan penggunaannya ini dibentuk dengan menyerupai persegi.
  • Untuk tinggi tiang net bola voli sekitar 2,55 m.

Untuk perbedaan ukuran net bola voli untuk putra dan putri dapat kita lihat dari tinggi netnya. Terdapat perbedaan tinggi sekitar 19 cm untuk net bola voli pemain putra dan putri.

Dalam permainan bola voli sendiri, perbedaan antara pertandingan putra dan putri ini memiliki perbedaan hanya pada ukuran netnya saja. Dengan kata lain, untuk ukuran lapangan, bola, teknik dasar hingga aturan dalam permainan bola voli tersebut sama atau tidak ada perbedaan.

Penyebab Ukuran Net Bola Voli Putra dan Putri Berbeda

Dalam laman Volley Country menyebutkan penyebab perbedaan ukuran net tersebut karena adanya perbedaan fisik dari putra dan putri. Dari berbagai permainan, ukuran net bola voli ini mengalami perkembangan dan beruhan dengan tujuan untuk memberikan daya saing antara kedua tim yang bertanding.

Bahkan fisik juga diperlukan untuk setiap jenis permainannta. Kini, permainan pada bola voli untuk putri memang lebih cenderung diisi dengan pemain yang memiliki postur badan tinggi.

Meskipun demikian, tinggi badan putri ini tentunya lebih kecil dibandingkan putra. Para pemain bola voli putri biasanya memiliki tinggi sekitar 165 cm ke atas.

Sehingga apabila ukuran net bola voli ini disamakan antara pemain putra dan putri, maka akan sangat merugikan bagi pemain putri. Permainan bola voli tersebut dikhawatirkan tidak terdapat banyak serangan dalam pertandingannya.

Proses itu sering disebut dengan lob yang melewati jaring tinggi ke sisi lain. selain itu, kemampuan daya lompat putri juga jauh lebih rendah daripada putra di mana pemain bola voli kalangan papan atas saja mempunyai jangkauan 310 – 320 cm dalam lompatan. Oleh karena itulah mengapa ukuran net bola voli untuk putri ditetapkan lebih rendah.