Selain Cek Simulasi KPR, Ini Tips Penting Sebelum Mengajukan Kredit Rumah!

 

 

Memiliki rumah sudah menjadi sebuah kewajiban karena dimana itu termasuk dalam kebutuhan pokok setiap orang. Namun harga rumah yang tidak murah membuat beberapa orang merasa keberatan, tidak heran jika akhirnya ada yang memutuskan untuk mengontrak rumah sementara selagi uang terkumpul. Selain itu ada pula cara lain untuk memiliki rumah dalam waktu cepat yaitu dengan melakukan kredit. Dimana sering disebut dengan KPR atau kredit kepemilikan rumah dari berbagai bank, bagi yang penasaran bisa coba cek simulasi KPR terlebih dahulu sebelum mengajukan.

Memutuskan untuk membeli rumah dengan cara kredit memang perlu banyak pertimbangan, apalagi jika masih memiliki berbagai kebutuhan lain dengan pendapatan yang pas-pasan. Nyatanya memang bukan hanya cicilan KPR saja yang perlu dipertimbangkan. Didalamnya terkait mengenai pembayaran, jangka waktu, sampai dengan berbagai aspek lainnya. Makanya bagi Anda yang akan membeli rumah dalam waktu dekat, penting untuk memperhatikan beberapa faktor penting seperti telah disebutkan diatas. Untuk lebih jelasnya bisa langsung simak saja melalui artikel kali ini mengenai tips sebelum mengajukan KPR.

KPR merupakan cara untuk mendapatkan rumah dalam waktu yang lebih cepat, apalagi sekarang ini banyak bank yang dapat mempermudah proses tersebut. Misalnya saja BCA, sebagai bank swasta nasional tersebut sudah lama memberikan program KPR untuk masyarakat yang ingin mendapatkan hunian impian dalam waktu lebih cepat. Namun, perlu untuk dipahami jika ada beberapa tips memiliki KPR rumah selain dengan hanya memperhatikan besaran cicilan yang akan dilakukan, seperti berikut ini:

1. Perhatikan kondisi rumah yang akan dibeli.

Hal utama dan paling penting adalah memastikan apakah rumah yang akan Anda beli tersebut sudah sesuai. Mulai dari model, tata letak sampai dengan jenis bangunan atau keawetan bangunan. Bijaklah dalam memilih karena akan digunakan dalam waktu panjang dan proses yang tidak sebentar.

2. Hitung biaya bulanan.

Tidak kalah penting dari sebelumnya, melihat simulasi KPR sebelum melakukan pengajuan kredit itu sangat penting. Anda perlu paham pula mengenai kondisi atau kemampuan finansial apakah bisa memberikan dampak buruk pada kebutuhan pokok lainnya jika kredit itu dilakukan.

3. Pahami suku bunga cicilan.

Suatu bank atau lembaga keuangan yang menawarkan KPR tentu menawarkan suku bunga yang berbeda pula. Ini menjadi salah satu yang perlu untuk Anda perhatikan, jangan sampai bunga yang diwajibkan justru memberatkan Anda.

4. Pertimbangkan mengenai tenor.

Jangka waktu yang diperlukan sampai dengan pelunasan itu juga penting untuk menjadi pertimbangan sebelum pengajuan. Bila ingin tenor yang pendek tentu cicilan lebih besar begitu pula sebaliknya tenor panjang cicilan kecil namun bunga tetap berjalan.

Beberapa poin diatas bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli rumah dengan sistem kredit. Bank BCA menjadi salah satu perusahaan perbankan yang bisa membantu Anda dalam masalah kredit rumah. BCA menawarkan sistem bunga yang inovatif atau fix dan cap, dimana bank tersebut paham mengenai nasabah di Indonesia yang cukup sensitive mengenai bunga bank. Dengan sistem bunga tersebut bisa dikatakan BCA memberikan penawaran bunga yang paling murah dibanding lainnya.

BCA sudah menjadi salah satu bank besar se-Asia, dimana produknya yang mampu menjadi solusi masyarakat mengenai keuangan. Salah satunya sistem kredit rumah yang ditawarkan dengan bunga rendah. Anda bisa cek terlebih dahulu simulasi KPR dari BCA, namun jika ingin lebih jelasnya bisa cek melalui website BCA di https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/pinjaman/KPR/KPR-First.