Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam yang Bisa Dilakukan

Lingkungan yang bersih merupakan lingkungan yang tidak terdapat pencemaran udara dan air serta terdapat udara yang sejuk dan segar. Manfaat perlindungan lingkungan sangat baik bagi kesehatan manusia dan dapat menjadi keseimbangan antar makhluk hidup. Cara menjaga kelestarian lingkungan alam penting dijalankan oleh setiap individu. Menjaga lingkungan menjadi prioritas yang sangat penting untuk menjamin kenyamanan dan mencegah berbagai penyakit.

Menjaga Kelestarian Lingkungan

1. Membuang sampah pada tempatnya

Pembuangan limbah yang tidak tepat mencemari lingkungan dan menimbulkan berbagai penyakit. Jadi sangat penting untuk menjaga kebersihannya yaitu membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuangnya ke sungai atau selokan yang membuat aliran air tersumbat.

2. Hindari tebang liar

Karena penebangan liar dapat menyebabkan tanah longsor, banjir dll., hindari aktivitas ini yang sembrono dan ilegal yang pada akhirnya juga akan berdampak negatif pada manusia. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan tebang pilih dan selalu melakukan penghijauan (reboisasi) pada hutan yang telah ditebang. Reboisasi adalah ara menjaga kelestarian lingkungan alam dan menciptakan lingkungan yang indah.

3. Membersihkan Lingkungan setiap hari

Kebersihan lingkungan sangat penting karena lingkungan yang bersih berpengaruh positif terhadap pencegahan berbagai penyakit. Lingkungan mencakup banyak aspek diantaranya lingkungan alam, lingkungan sekolah, dan lingkungan rumah. Mereka sama pentingnya untuk dilindungi. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dan upaya masyarakat untuk pembersihan lingkungan yang optimal.

4. Tidak Merusak Tanaman sekitar

Dilarang merusak tanaman di sekitar karena merusak tidak sama dengan menata ulang. Tanaman dapat bermanfaat dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Menjaga tanaman artinya menjaga lingkungan. Tanaman isangat bermanfaat karena menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya.

5. Tidak membuang bahan kimia di aliran sungai

Ketika bahan kimia dilepaskan ke sungai, mereka merusak dan mencemari aktivitas dan ekosistem sungai. Kita juga tahu bahwa sungai dan sekitarnya menjadi bau ketika limbah dibuang ke sungai, yang menyebabkan hilangnya keindahan ekosistem sungai. Karena itu, jika memungkinkan, jangan membuang sampah ke air sungai yang mengalir.

6. Mencari Ikan dengan cara tradisional

Penangkapan ikan secara tradisional aman dan tidak merusak habitat dan ekosistem ikan air. Dapat mengganggu ekosistem perairan dengan mencari ikan menggunakan bom dan racun. Misalnya, memancing di danau lebih baik daripada menggunakan bom dan racun untuk mencari ikan. Hal ini karena dapat merusak ekosistem danau dan sungai bahkan mencemari ikan lainnya.

7. Menanam Pohon di pinggir jalan Kota

Penanaman pohon di jalan akan membantu menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan oleh kendaraan bahkan polusi dari pabrik. Ini dapat sedikit mengurangi paparan asap mobil, yang dapat menyebabkan penyakit terutama penyakit pernafasan.

Inilah beberapa cara menjaga kelestarian lingkungan alam yang mungkin bisa Anda terapkan dengan mengajak teman-teman agar bersama lebih peduli terhadap lingkungan tempat kita tinggal. Bumi adalah tempat tinggal kita, tentunya kita semua memiliki tanggung jawab dalam menjaga bumi tetap sehat dan indah.

Cara menjaga kelestarian lingkungan alam bisa dengan tidak membuang sampah sembarangan, menanam pohon, dll.