Cara Mengatasi Kartu ATM yang Tertelan

Teknologi perbankan sekarang ini berkembang dengan sangat canggih. Anda tidak perlu datang langsung ke bank untuk setor tunai, tarik tunai, cek saldo atau transfer. Saat ini semua bank sudah menyediakan jaringan ATM yang tersebar di sejumlah titik sebagai fasilitas layanan mereka.

Sudah banyak kasus kartu ATM tertelan di mesin ketika melakukan ATM. Apabila anda mengalami masalah tersebut maka pastikan untuk tidak panik. Anda dapat melakukan cara mengatasi kartu ATM yang tertelan di bawah ini :

1. Menghubungi call center bank anda

Pastikan anda mengetahui nomor call center bank yang menerbitkan kartu ATM anda. Segera hubungi dan minta mereka untuk memblokir rekening anda sementara. Ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya modus kejahatan penyalahgunaan kartu ATM anda.

Pemblokiran sementara ini berguna untuk menutup akses permintaan transaksi penarikan saldo. Anda masih bisa mengakses rekening anda untuk melakukan transaksi transfer melalui internet banking atau m-banking.

2. Datang ke kantor bank terdekat

Jika waktu tertelannya ATM anda adalah pada hari dan jam kerja, maka anda dapat berkunjung langsung ke bank cabang penerbit ATM anda. Jika anda sudah meminta pemblokiran rekening sementara, maka tabungan anda bisa aman.

Sebagai pengganti ATM anda yang sudah tertelan mesin, anda harus membuat kartu baru di kantor cabang tersebut. Akan lebih baik jika anda datang ke kantor yang sama dengan kantor saat anda pertama membuat kartu ATM, namun jika jauh dari lokasi anda maka anda bisa datang ke kantor cabang terdekat.

3. Mengisi formulir penerbitan kartu ATM yang baru

Sampaikan masalah yang anda alam pada petugas CS bank dan anda membutuhkan kartu ATM baru. Serahkan dokumen yang diperlukan oleh petugas CS dan isi formulir pengajuan penerbitan kartu baru. Kemudian, pihak CS akan memberikan kartu yang baru untuk anda bahkan bisa diaktifkan secara langsung.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi kartu ATM yang tertelan yang bisa anda lakukan jika anda menghadapi masalah ini. Ingin mendapatkan tips dan berita digital lainnya? Pastikan anda mengakses laman Teknogim yang berisi berbagai informasi lengkap seputar perkembangan digital serta tips-tips penting yang mungkin sedang anda cari-cari selama ini.