Beli Mobil Bekas? Tak Masalah, Ini 7 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Setiap tahunnya, kepemilikan kendaraan bermotor secara pribadi semakin meningkat secara efisien. Hal ini dapat diamati dari perkembangan industri otomotif yang selalu bersaing ingin menjadi yang terbaik dengan produknya. Termasuk juga mobil yang terus berevolusi menjadi begitu canggih.

Membeli mobil terbaru memang impian dari semua orang. Namun dengan berbagai alasan, mobil bekas juga tentu sangat layak untuk dibeli apalagi jika performanya masih sangat bagus. Baik itu dengan kredit mobil atau membayar langsung, Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang diinginkan.

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Memilih mobil bekas tentu saja bukan hal yang bisa dianggap sepele. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menyesal ketika sudah membelinya nanti. Berikut ini akan dijelaskan hal-hal yang harus diperhatikan ketika membeli mobil bekas :

1. Sesuaikan Budget

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai jenis mobil dan lain sebagainya, tips awal yang diberikan adalah harus mengetahui berapa harga mobil yang sekiranya ingin dibeli.

Ketika mengetahui harga tersebut, Anda akan bisa mengatur bagaimana pembayaran yang sekiranya tidak akan mengganggu keuangan Anda kedepannya. Secara umum, transaksi otomotif biasanya menggunakan dua sistem, yakni kredit atau pembayaran cash pelunasan langsung.

2. Memaksimalkan Pencarian Informasi

Ketika dikira budget sudah pas dan telah yakin akan memilih sistem pembelian yang seperti apa, selanjutnya adalah dengan melakukan riset mencari informasi terkait mobil yang sekiranya akan dibeli.

Anda dapat menggunakan internet sebagai sarana untuk menggali informasi lebih dalam mengenai mobil yang diminati. Tidak perlu buang-buang waktu ke showroom satu ke yang lainnya untuk melihat dan bertanya, semua jawaban yang dibutuhkan semuanya telah tersedia di Internet.

Jika dirasa kurang meyakinkan, Anda bisa melihat beberapa video review orang-orang yang diunggah di Youtube sebagai informasi tambahan. Atau juga dapat bertanya kepada tetangga dan teman yang terlebih dahulu telah membeli mobil bekas.

3. Pilihlah Penjual yang Berkualitas

Kesabaran dan ketelitian sangat dibutuhkan pada saat berniat untuk membeli mobil bekas. Hal ini agar Anda sebagai pembeli mendapatkan mobil yang diinginkan dengan keadaan yang terbaik.

Tak hanya itu, sebagai pembeli Anda juga harus memeriksa sang penjual sebelum melakukan transaksi. Sebab, terdapat kemungkinan akan terjadinya sebuah penipuan, baik itu uang yang dibawa kabur ataupun penipuan kualitas barang.

Maka dari itu, pilihlah showroom atau penjual yang telah berkualitas. Agar ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda dapat meminta pertanggungjawaban dari sang penjual tersebut.

4. Cek Kondisi Mobil

Dikarenakan ini bukan barang baru, maka pastikanlah semua bagian dari mobil ini dapat berfungsi layaknya mobil baru atau setidaknya tidak terdapat masalah. Berikut komponen yang wajib Anda cek:

  • Body
  • Mesin
  • Aki dan cairan mobil
  • Suspensi
  • Ban mobil
  • Kampas rem
  • Ac
  • Sistem audio
  • Switch lampu

Itu hanya beberapa hal yang wajib dicek, akan lebih baik jika Anda mengecek seluruh bagian mobil tersebut.

5. Periksa Riwayat Penggunaan

Setiap mobil bekas pasti memiliki riwayat penggunaan yang beragam. Ada yang penggunaanya untuk kegiatan berat, ada juga yang digunakan santai oleh pemilik lamanya.

Riwayat jarak tempuh wajib diperhatikan kalau ingin membeli mobil bekas. Biasanya semakin tinggi total kilometer, berarti mobil tersebut telah banyak digunakan dan ada kemungkinan mesinnya telah terforsir.

6. Lakukan Test Drive

Showroom yang telah terpercaya biasanya tidak akan ragu untuk mempersilahkan calon pembeli untuk melakukan test drive.

Hal ini dilakukan agar para pembeli dapat merasakan secara langsung mobil yang nantinya akan dibeli dan tidak lagi timbul rasa curiga. Anda disarankan untuk melakukan test drive ini demi meningkatkan rasa kepercayaan terhadap barang yang akan dibeli.

7. Teliti Kelengkapan Administrasi Mobil

Surat-surat kendaraan merupakan aspek penting yang harus diperiksa ketika membeli mobil bekas. Pastikan Anda mobil tersebut memiliki STNK dan BPKB asli. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Karena jika mobil tersebut tidak mempunyai surat lengkap, dikhawatirkan mobil tersebut merupakan mobil hasil curian.

Jika Anda ingin membeli mobil bekas secara online, maka SEVA id merupakan solusi yang sangat tepat.  Di sini menawarkan pilihan fitur Expert untuk pembeli yang ingin membeli mobil bekas dengan video call. Perusahaan itu menjamin barangnya adalah yang terbaik dan siap untuk dipakai, selamat mencoba!.