6 Titik Kota Lama Semarang yang Wajib Disinggahi

Bangunan era penjajahan atau kolonial selalu jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dimanapun bangunan tersebut berada. Baik di Kota Tua Jakarta, atau Kota Lama Semarang, yang menyajikan bangunan dengan arsitektur zaman kuno, namun tetap terawat hingga saat ini. Kota Lama yang ada di Semarang sendiri sudah dikenal luas memiliki berbagai spot foto yang ciamik, dan tak tergantikan.

Kota Lama Semarang sendiri sebenarnya adalah kompleks bangunan tua, yang kemudian diolah dan dijadikan objek wisata kekinian. Tanpa mengurangi nilai-nilai sejarah dari bangunan yang sudah ada, kreativitas pengelolanya ditampilkan dengan menonjolkan kombinasi sentuhan modern yang harmonis dengan nuansa klasik di sana.

Lalu, mana saja spot foto yang wajib dikunjungi ketika singgah ke tempat ini?

Stasiun Tawang, Saksi Bisu Sejarah Kota Lama Semarang

Siapa tak kenal Stasiun Tawang? Salah satu stasiun tertua di Jawa Tengah ini memiliki tema bangunan unik, yakni Indische, yang tentu saja akan sangat keren ketika Anda abadikan di dalam foto. Stasiun Tawang didirikan oleh JP de Bordes, seorang arsitek berkebangsaan Belanda pada 1864 lalu. Sejak itu, stasiun ikonik ini jadi saksi perkembangan Kota Lama Jakarta.

Anda akan merasa seperti di tarik ke masa lalu ketika berkunjung ke Stasiun Tawang. Bangunan kuno, struktur dan tata ruang yang khas, serta disempurnakan dengan cat yang masih bertema jaman dulu. Semua foto yang Anda ambil dengan latar belakang kemegahan Stasiun Tawang akan dapat banyak likes dan komentar!

Gereja Blenduk, Ikon Kota Lama Semarang

Dengan bentuk atap yang unik dan menyerupai kubah St. Pieters Basilica di Roma, Gereja Blenduk jadi spot yang wajib Anda kunjungi saat singgah ke sana. Meski demikian, nama resmi dari gereja ini sendiri adalah Gereja GPIB Immanuel, jadi jangan bingung ketika bertanya pada orang dan mencari lokasi tepatnya ya!

Dengan luas areal mencapai 400 meter persegi, Gereja Blenduk termasuk salah satu gereja tertua dan terbesar di Jawa Tengah. Anda bisa berkunjung dan berburu foto-foto unik di sana dengan latar belakang bangunan tua yang ikonik. Namun demikian pada hari-hari peribadatan, gereja ini juga masih digunakan secara reguler. Jadi pastikan Anda datang tidak saat gereja digunakan untuk kegiatan ibadah ya!

Gedung Tua Berakar

Secara harfiah nama gedung ini adalah wujud dari bentuk nyata gedung tersebut. Gedung Tua Berakar benar-benar dihiasi akar pohon pada bagian tembok dan bangunannya, sehingga nampak sangat unik dan Instagramable. Meski unik, gedung ini tidak bisa dimasuki karena pintu yang tersedia tertutup dengan kunci.

Lokasinya cukup dekat dengan Gereja Blenduk, hanya berjarak sekitar 60 meter saja. Ketika Anda datang ke spot Kota Lama Semarang yang satu ini, dijamin banyak sekali foto-foto keren yang akan Anda abadikan. Usia gedung terpahat jelas pada bentuk tembok yang mulai terkelupas, dan akar tumbuhan yang secara alami menjalari bagian-bagian gedungnya.

Area Tengah Kota Lama

Selain beberapa spot wajib di atas, Anda juga harus berkunjung ke area tengah Kota Lama yang tak kalah menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Area tengah tempat ini berkisar antara Jalan Garuda, Jalan Gelatik, dan Jalan Jenderal Soeprapto.

Suasana ramai akan terasa ketika Anda datang ke sana. Bersih, nyaman, dan ruang terbuka yang cukup luas, menjadikan area tengah favorit banyak orang. Baik untuk sekedar duduk dan menikmati aktivitas orang-orang, atau mengambil gambar dan mengunggahnya di media sosial.

Jika Anda ingin mendapatkan suasana yang lebih memorable, Anda bisa datang di malam hari, ketika lampu-lampu jalan sudah mulai dinyalakan. Suasananya akan terasa romantis dan sayang untuk dilewatkan.

Pabrik Rokok Kuno, Praoe Lajar

Pabrik Rokok Praoe Lajar berlokasi di kawasan Polder. Tepatnya bangunan pabrik ini terletak di Jalan Merak Kota Lama Semarang. Bekas pabrik rokok ini memiliki arsitektur khas jaman Belanda, sehingga kesan klasik akan terasa ketika Anda berfoto dengan latar belakang bangunan kuno ini.

Old City 3D Trick Art Museum

Nah, tak melulu soal bangunan dan nuansa klasik saja, Anda juga bisa menemukan museum modern di kawasan ini. Old City 3D Trick Art Museum, dibuka untuk umum dan menawarkan lebih dari 100 karya seni modern di empat ruangan berbeda. Karya seni yang dipamerkan masih bertema Semarang, dengan segala dinamikanya. Saat Anda datang, jangan lupa abadikan foto di setiap sudutnya ya!

Kawasan Kota Lama Semarang memang memiliki daya tarik yang tak bisa dielakkan. Keindahan, nuansa klasik, tema kuno, dan sensasi romantis yang ditawarkannya, membuat area ini seperti jadi unggulan dari wisata Semarang. Nah, tempat-tempat tadi bisa Anda kunjungi suatu saat nanti, ketika kondisi sudah lebih baik. Sementara itu, rencanakan liburan Anda dengan artikel menarik seperti ini, yang bisa ditemukan di situs resmi Indonesia Travel. Ragam artikel menarik mengenai wisata di seluruh Indonesia siap tersaji untuk Anda, guna melengkapi rencana liburan. Rencanakan liburan Anda sekarang juga, dengan informasi dari Indonesia Travel!