5 Makanan Khas Semarang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Agenda wisata kuliner untuk menikmati makanan khas suatu daerah menjadi salah satu yang tak mungkin dilewatkan. Semarang misalnya, ternyata memiliki banyak makanan lezat yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Makanan khas Semarang ini wajib masuk dalam itinerary yang Anda buat, ketika Anda akan berlibur ke Semarang.

Mungkin Semarang telah lama terkenal dengan loenpianya yang legendaris. Namun jika sedikit dikulik lebih jauh, ternyata makanan-makanan khas yang terdapat di kota ini sangat banyak. Dengan cita rasa yang lezat dan unik, bisa jadi Anda lupa pulang ketika sudah mencicipi kelezatannya.

Nah, untuk menambah agenda liburan Anda khusus segmen wisata kuliner, Anda bisa lihat beberapa rekomendasinya di bawah ini!

Loenpia, Sekaligus Sebutan Kota Semarang

Agak klise memang berbicara loenpia sebagai makanan khas Semarang yang tak boleh dilewatkan. Namun pada kenyataannya, memang makanan yang satu ini sangat khas Semarang dan benar-benar tak boleh dilewatkan.

Salah satu yang paling terkenal adalah Loenpia Gang Lombok. Loenpia yang dijajakan di sini adalah loenpia basah dan loenpia goreng, sehingga Anda bisa menyesuaikan selera Anda. Dengan isian rebung dan saus petis yang nikmat, loenpia yang disajikan di sini memiliki cita rasa unik dan dijamin memanjakan lidah Anda.

Lokasinya ada di Gang Lombok, Jalan Gang Lombok Nomor 11, Semarang Tengah. Anda bisa mulai menikmati kelezatannya pukul 08.00 WIB hingga tutup pada pukul 17.00 WIB.

Soto Bangkong, Apakah dari Kodok?

Tentu tidak. Makanan khas Semarang Soto Bangkong hanya nama yang digunakan oleh si penjual untuk brand soto ayam kampung yang dijualnya. Nama Soto Bangkong sendiri berasal dari kisah yang mengatakan dahulu banyak sekali kodok yang hidup di lokasi tersebut.

Dengan rasa kecap yang kental, dan diproduksi sendiri oleh pemilik warung, dijamin rasa soto ayam di sini tak bisa Anda temukan di tempat lainnya. Terlebih daging yang digunakan adalah daging ayam kampung, yang memang terkenal lezat dan memiliki rasa khas. Sempurna bukan?

Lokasinya ada di Jalan Brigjen Katamso Nomor 1, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang. Buka dari pukul 07.00 WIB sampai 22.00 WIB, Anda bisa menikmatinya kapan saja!

Lekker Paimo, Berawal dari Jualan dengan Gerobak

Lekker Paimo juga menjadi makanan khas Semarang yang tak boleh dilewatkan ketika Anda berkunjung ke sana. Meski hanya makanan ringan, namun lekker ini dijamin selalu menimbulkan antrian untuk orang yang ingin membelinya.

Meski hanya dipasarkan dengan kios kecil, namun Lekker Paimo memiliki daya tarik tersendiri. Dengan isian yang beragam, Anda bisa menikmati lekker yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya hanya berisi coklat, susu, dan pisang, di Lekker Paimo Anda bisa menemukan pilihan isian sosis, mozzarella, dan sebagainya. Unik bukan?

Lekker Paimo sendiri berjualan di Jalan Karang Anyar Nomor 37, Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah. Sudah bisa dinikmati sejak pukul 10.00 WIB, Anda bisa berkunjung hingga pukul 17.00 WIB.

Tahu Gimbal, Makanan Khas Semarang

Tahu gimbal sendiri mendapatkan namanya dari sebutan udang untuk warga Semarang. Jadi bukan karena penjualnya memiliki rambut gimbal atau apa, hanya karena udang juga banyak disebut gimbal oleh warga Semarang secara umum.

Tahu gimbal sendiri tersusun dari tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan utama. Ditambahkan tauge, sayur-sayuran, dan bumbu kacang khas yang bisa dipesan kadar kepedasannya, membuat sajian ini jadi favorit banyak orang ketika berkunjung ke Semarang.

Tahu gimbal yang cukup terkenal adalah Tahu Gimbal Pak Eddy, yang berlokasi di Jalan Menteri Supeno, Kota Semarang. Warungnya mulai buka pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Es Puter Cong Lik, Kesegaran Di Setiap Sendoknya

Nah selain makanan ringan dan makanan berat, Semarang juga memiliki kuliner khas berupa es puter. Rasanya yang manis dan segar bisa menjadi alternatif untuk menambah semangat Anda selama berwisata di Semarang.

Rasa yang disajikan pada warung es puter ini antara lain rasa coklat, alpukat, durian, kelapa, nangka, sirsak, hingga kacang hijau dan blewah.  Ada juga yang menyebut es puter dengan sebutan es dung-dung, karena biasanya pedagang berkeliling dengan memukul alat musik Jawa yang bersuara demikian.

Es Puter Cong Lik sendiri berada di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan Nomor 11, Karang Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Buka dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB, sensasi kesegarannya akan terasa bahkan ketika malam menjelang.

5 makanan khas Semarang di atas bisa jadi referensi menarik untuk Anda, ketika suatu saat berkunjung ke Kota Loenpia ini. Yap, sementara kondisi belum memungkinkan, Anda bisa merencanakan liburan Anda ke Semarang dengan informasi menarik seperti ini. Temukan lebih banyak informasi lain di situs resmi Indonesia Travel, yang akan membawa Anda berkeliling Indonesia dengan artikel seru di dalamnya. Rencanakan liburan Anda sekarang juga, dan pastikan semua masuk ke agenda yang dibuat!