Mengenal HR Training and Development Secara Lengkap

Agar perusahaan dapat berkembang maka dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang mempunyai job desk tepat dan bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Tidak hanya penempatan kerja yang tepat, tetapi juga perlu untuk mengembangkan karyawan agar semakin mempunyai inovasi dan memberikan ide dan kontribusinya untuk kemajuan kantor. Karena pentingnya SDM bagi kantor, maka di dalam perusahaan juga penting sekali untuk mempunyai Human Resources (HR) yang handal. Hal tersebut bisa didapatkan dengan memberikan HR training and development agar bagian HR mempunyai manfaat dan dapat memenuhi tujuan perusahaan dengan seefektif mungkin.

HRD sendiri mempunyai beberapa tugas utama yang dipegang dalam kantor yaitu mengurusi mengenai:

  • Pertama adalah HR bertugas untuk rekrutmen dan seleksi karyawan baru yang diadakan oleh kantor. Tugas ini tidak mudah karena harus bisa memilih dan mengumpulkan karyawan yang mempunyai potensi. Sehingga penting untuk mendapatkan calon kandidat yang berpotensi saat interview, assessment, hingga on boarding.
  • Training and development merupakan tugas untuk memberikan kemampuan terbaik agar karyawan dapat berkontribusi secara maksimal dalam perusahaan.
  • Compensation and benefit merupakan tugas untuk mendukung perusahaan dalam merancang kompensasi dan mengatur kontribusinya.
  • Personalia administrasi yang mempunyai tanggung jawab untuk database karyawan, payroll, manajemen pinjaman karyawan, pencatatan cuti tahunan, dan masih banyak lainnya.
  • Penilaian kerja untuk memberikan penilaian pada kinerja karyawan.
  • Career planning dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Di dalam menciptakan lingkungan kerja yang efektif tersebut, beberapa hal yang perlu dilakukan oleh HR adalah:

  • Dapat memastikan karyawan agar tidak membuat pelanggaran pada aturan di dalam perusahaan. Penting untuk sosok HRD untuk menjadi mata dalam perusahaan sehingga melakukan pengawasan rutin dengan pendekatan yang tidak kaku.
  • Dapat memberikan komitmen terhadap nilai perusahaan agar perusahaan dapat maju dan berkembang. HRD memastikan karyawan tetap berkomitmen dalam nilai dan budaya yang dipunyai perusahaan.
  • Dapat menjembatani komunikasi antara karyawan dan pihak manajemen sehingga tetap membuat lingkungan kerja yang nyaman bagi semua pihak.

Berbagai tugas tersebut perlu dipenuhi oleh bagian Human Resources, sehingga dapat membantu perusahaan dapat berkembang dan mengalami kemajuan. Setiap bidang tentu perlu disesuaikan dengan tugasnya, termasuk juga HR yang perlu untuk mendapatkan pelatihan dan pengembang agar dapat memenuhi kebutuhan dan tugas yang dipunyai. Oleh karena itulah dengan memberikan HR Training and development dapat membantu untuk meningkatkan performa juga dari pihak yang mempunyai peran yang penting dalam perusahaan. Adapun berbagai manfaat dari memberikan pelatihan dan pengembangan pada bagian Human Resources pada perusahaan adalah:

  • Pertama dapat untuk meningkatkan pemahaman mengenai konsep dan juga strategi untuk dapat lebih efektif melakukan perumusan strategis yang baik untuk perusahaan.
  • Dapat untuk memberikan pemahaman mengenai strategi pengembangan SDM yang menjadi tugas penting dalam perusahaan.
  • Dapat memberikan penyegaran dan penyesuaian pengembangan SDM yang sesuai dengan tantangan globalisasi di jaman yang serba maju.
  • Dapat memberikan peningkatan manfaat untuk merancang pengembangan SDM di perusahaan dengan lebih teratur dan terarah.

Bagi yang membutuhkan rekan untuk melakukan HR training and development. Prasmul-ELI dapat menjadi pilihan yang tepat dan memberikan penghormatan untuk kebutuhan yang dipunyai perusahaan. Prasmul-ELI mempunyai berbagai program yang bisa dipilih untuk perusahaan termasuk juga Certification Programs yang menawarkan pelatihan untuk Human Resource Management yang sangat berpengaruh pada kinerja kantor. Pelatihan dilakukan dengan kerangka kurikulum dan modul terbaik dari badan sertifikasi internasional sehingga akan memberikan manfaat pelatihan optimal.