7 Tragedi Kecelakaan Kereta Terburuk

 

Kereta merupakan salah satu transportasi darat yang disukai banyak orang. Berbeda dengan motor dan mobil, kereta sudah terjadwal jadi tidak akan ada yang namanya macet.

Dibalik praktisnya kendaraan ini, ternyata kereta juga memiliki resiko yang besar hingga ada kemungkinan terjadinya tabrakan. Berikut merupakan 7 kecelakaan kereta terparah di dunia.

1. Guadalajara Meksiko, 1915

Kereta ini memiliki jumlah penumpang melebihi kapasitas, inilah penyebab mengapa kereta ini keluar jalur. Tak hanya keluar jalur, namun kereta ini juga jatuh hingga ke tebing jurang.

Hal ini diawali oleh Presiden Carranza yang memerintahkan pasukannya untuk menempati Guadalajara yang baru saja ia taklukan. Kecelakaan ini memakan korban jiwa sebanyak 600 orang.

2. Stasiun Ciurea Romania, 1917

Penyebab dari kecelakaan kereta didominasi oleh rem blong, begitu juga pada kecelakaan ini. Saat mendekati Stasiun Ciurea, kereta yang sedang dalam kecepatan tinggi mencoba untuk berhenti mendadak untuk menghindari tabrakan.

Sayangnya usaha tersebut gagal dan menyebabkan kereta anjlok, kebakaran pun terjadi hingga membuat 1.000 orang meninggal dunia. Kereta tersebut berisi pengungsi dan tentara yang terluka.

3. Saint Michel de Maurienne Perancis, 1917

Pasukan Perancis ingin merayakan natal pada tanggal 12 Desember. Mobilisasi pun dilakukan oleh pemerintah Perancis dengan menggabungkan gerbong menjadi satu kereta yang tadinya dua kereta.

Ketika melalui pegunungan Alpen, sang masinis mengerem dan remnya pun panas karena jumlah gerbong yang sangat banyak. Kebakaran pun terjadi dan gerbong pertama pun anjlok yang diikuti oleh benturan gerbong-gerbong selanjutnya. Kecelakaan ini menyebabkan 1.000 orang meninggal dunia, namun hanya 425 mayat yang dapat diidentifikasi.

4. Torre del Bierzo Spanyol, 1944

Pada 3 Januari 1944, sebuah kereta dengan 11 gerbongnya menabrak kereta mesin uap yang ada di dalam terowongan. Tabrakan tersebut ditambah lagi dengan sebuah kereta yang mengangkut batu bara terbakar.

Karena kejadian tersebut, terjadi kebakaran selama 2 hari dan putusnya sinyal untuk berkomunikasi. Kecelakaan di Spanyol ini menewaskan lebih dari 500 orang.

5. Balvano Italia, 1944

Kejadian ini diawali dengan kereta yang memiliki batu bara berkualitas rendah sehingga memproduksi CO dalam jumlah yang besar. Kereta ini terhenti di sebuah terowongan yang sangat gelap selama lebih dari setengah jam.

Lokomotif pun masih menunggu perintah jalan, namun kereta terus mengeluarkan gas beracun. Banyak sekali penumpang yang mati lemas karena gas beracun ini tidak berbau.

6. Sungai Baghmati India, 1981

Kecelakaan ini disebabkan oleh sapi yang lewat. Kejadian dimulai ketika kereta yang membawa 1.000 penumpang melewati Sungai Baghmati. Sungai ini dalam keadaan pasang karena sedang mengalami musim hujan.

Sapi merupakan hewan keramat di India, jadi sapi tidak boleh dibunuh. Ketika kereta sedang melalui basahnya rel, satu sapi lewat sehingga masinis menekan rem terlalu kencang dan mengakibatkan kereta anjlok. Kereta ini pun anjlok dan kejadian ini memakan korban jiwa lebih dari 800 orang.

7. Awash Ethiopia, 1985

Bisa dibilang kejadian ini sangat mengerikan karena disebabkan oleh kecepatan kereta yang terlalu tinggi ketika berbelok di jembatan. 4 dari 5 gerbong pun anjlok dan jatuh ke jurang di salah satu sungai yang bernama Awash.

Kecelakaan ini tentunya memakan korban jiwa yang sangat banyak. Hal ini dapat dijadikan bagi masinis untuk lebih mengetahui kondisi alam yang sedang dilaluinya.

Itulah 7 kecelakaan kereta terburuk di dunia. Kamu bisa mendapatkan informasi terbaru di channel INewstv, ataupun pada aplikasi RCTIplus jika ingin mendapatkan informasi melalui smartphone. Pada aplikasi tersebut juga terdapat streaming beberapa channel TV.